Pertemuan 2
|
Skema Dasar Sistem Komputer Dan Perangkat Lunak
|
A. PERANGKAT
KERAS (HARDWARE)
|
Adalah komponen fisik komputer yang terdiri dari
|
rangkaian elektronika dan peralatan mekanis lainnya.
|
Pada abtraksi tingkat atas terdiri dari empat
|
komponen, yaitu :
|
1. Pemroses (Processor)
|
2. Memori Utama (Main Memory)
|
3. Perangkat masukan dan keluaran (device I/O)
|
4. Interkoneksi antar komponen
|
(user interface, device controler)
|
Sumber Daya Keras (Perangkat Keras ) terdiri atas :
|
A. Pemroses (Processor)
|
Komponen komputer yang bertugas untuk mengolah data
dan
|
melaksanakan berbagai perintah.
|
Pemroses terdiri dari :
|
- Bagian ALU (Aritmatic Logic Unit) untuk komputasi,
|
berupa operasi-operasi aritmatika dan logika.
|
- Bagian CU (Control Unit) untuk pengendalian
operasi yang
|
dilaksanakan sistem komputer
|
Register-register, membantu pelaksanaan operasi dan
|
sebagai tempat operand-operand dari operasi yang
|
dilakukan.
|
Register tersebut :
|
- Register yang terlihat pemakai
|
Register Data (register untuk menampung nilai)
|
dan Register Alamat (tuk keperluan pengalam atan)
|
contoh : Indeks Register, Segment pointer register,
|
stack pointer register.
|
Register untuk Kendali dan status
|
• Register ini mengendalikan operasi pemroses
|
Terdiri dari :
|
1. Register untuk alamat dan buffer (MAR,MBR,I/O AR,
|
I/O BR).
|
2. Register untuk eksekusi instruksi (PC, IR)
|
3. Register untuk informasi status (PSW) berisi sign
,zero
|
Carry, Equal, Overflow, interupt enable/disable ,
|
supervisor
|
B. Memori
|
• Memori berfungsi tempat menyimpanan data dan
|
program.
|
Terdapat beberapa tipe memori :
|
• Register
|
• Memori case (Chace Memory)
|
• Memori kerja (Main Memory)
|
• Disk Magnetik (Magnetic Disk)
|
• Disk Optik (Optical Disk)
|
• Tape Magnetik (Magnetic Tape)
|
Menurut urutan dari atas ke bawah dapat diukur
hirarki dalam hal
|
:
|
1. Kecepatan Akses
|
2. Hubungan Kapasitas
|
3. Hubungan Frekwensi Pengaksesan
|
4. Hubungan Harga
|
Setiap kali pemroses melakukan eksekusi adanya
lalulintas data
|
dengan memory utama, maka diimplem entasikan adanya
konsep
|
Chace memory , menanggulangi kelam batan proses.
|
Juga pada memori Utama dengan Peralatan masukan/
|
keluaran saling berhubungan, maka diimplementasikan
adanya
|
konsep penam pung sementara yang akan dikirim
keperangkat
|
masukan/keluaran berupa Buffering.
|
C. Perangkat Masukan/Keluaran
|
Perangkat masukan/keluaran terdiri dua bagian, yaitu :
|
1. Komponen mekanik adalah perangkat itu sendiri
|
2. Komponen elektronik yaitu pengendali perangkat berupa chip
|
controller.
|
Pengendalian perangkat (Device Adapter)
|
Terdapat dua macam pengedali alat :
|
• Pengerak alat (Device Controller)
|
• Pekerja alat (Device Driver)
|
Struktur I/O
|
1. I/O Interrupt
I/O Device kec rendah
|
2. Struktur DMA
I/O Device kec Tinggi
|
DMA dibagi menjadi : Third Party DMA dan First Party
DMA
|
D. Interkoneksi antar Komponen
|
Interkoneksi antar komponen disebut galur/jalur
(bus) yang
|
terdapat pada mainboard, bus terdiri dari tiga macam :
|
1. Bus alamat (address bus), satu arah. 16,20,24 jalur
|
2. Bus data (data bus), dua arah. 8,16,32 jalur
|
3. Bus kendali (control bus), dua arah. 4-10 jalur
|
signal bus kendali antara lain: Memori read, memori
write, I/O
|
read, I/O write
|
Mekanisme pembacaan :
|
Untuk mem baca data suatu alokasi memori, CPU
|
mengirim alamat
memori yang dikehendaki melalui bus
|
alamat kemudian mengirim sinyal memory read pada bus
|
kendali. Sinyal memory read memerintahkan ke
|
perangkat memori untuk mengeluarkan data pada lokasi
|
tersebut ke bus data agar dibaca CPU.
|
Interkoneksi antar kom ponen membentuk jenis
|
koneksitas
|
yang populer antara lain ISA, VESA, PCI, AGP.
|
1. Tingkatan Konsep Komputer
|
Terdiri dari :
|
a. Diagram blok
( tertinggi )
|
b. Arsitektur
|
c. Transfer register
|
d. Rangkaian saklar
|
e. Elektronika
( terendah )
|
a. Tingkat Konsep Elektronika
|
Bentuk komputer terdiri atas sejumlah rangkaian
|
komponen elektronika ditambah dengan komponen
|
mekanika, magnetika dan optika.
|
b. Tingkat Konsep Rangkaian Saklar
|
Sudah dapat terlihat rangkaian elektronika yang
|
sesungguhnya, yang membentuk banyak saklar yang
tersusun
|
secara paralel dan membentuk sekelompok saklar.
(terhubung
|
dan terputus).
|
c. Tingkat Konsep Transfer Register
|
Berbagai kelompok sakelar di dalam komputer membentuk
|
sejumlah register (Logika, aritmatika, akum ulator,
indeks,
|
adress register dll)
|
d. Tingkat Konsep Arsitektur
|
Sejumlah register tersusun dalam suatu arsitektur tertentu.
|
Prosesor, m emory dan satuan komponen lain nya
terhubung
|
.
|
melalui galur (bus) penghubung
|
e. Tingkat Konsep Diagram Blok
|
Arsitektur komputer atau sistem komputer dapat
dipetak-
|
petakan ke dalam sejumlah blok (masukan , blok satuan,
|
prosesor pusat, m emori dll)
|
2. Kerja komputer
|
Kerja kom puter pada tingkat konsep, antara lain :
|
• Tingkat konsep diagram blok, berlangsung sebagai lalu
|
lintas informasi di dalam dan diantara blok pada
sistem
|
komputer
|
• Tingkat transfer register, kerja komputer
berlangsung melalui
|
pemindahan rincian informasi di antara register.
|
• Tingkat konsep saklar, kerja komputer berlangsung dalam
|
bentuk terputus dan terhubungnya berbagai saklar
eletronika
|
di dalam sistem komputer.
|
Kerja komputer pada fungsi komputer, terdiri atas :
|
kegiatan masukan , catatan , pengolahan dan
|
keluaran
|
Kerja komputer pada rekaman
|
• Sekelompok satuan data direkam ke dalam alat
|
perekaman dalam bentuk berkas data.
|
• Tataolah direkam ke dalam alat perekam dan
|
membentuk berkas tataolah
|
B. PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
|
• Merupakan komponen non fisik berupa kumpulan
|
program beserta struktur datanya.
|
• Program adalah Sekumpulan instruksi yang disusun
|
sedemikian rupa untuk dapat menyelesaikan
|
masalah-masalah tertentu sesuai dengan
|
kebutuhan.
|
Program Aplikasi dan berkas data
|
Sistem Utilitas Sistem Bahasa
|
OPERATING SYSTEM
|
Pengaturan
|
Pengaturan
|
Pengaturan
|
Pengaturan sistem
|
Memory
|
Prosesor
|
Peralatan IO
|
file
|
Perangkat Keras
|
Gambar 2.3: Susunan Hirarki Perangkat Lunak
|
siklus Instruksi
|
Untuk memproses instruksi dilakukan melalui 2 tahap :
|
a. m engambil instruksi (instruction fetch)
|
b. m engeksekusi instruksi (instruction execution)
|
- Interrupt suatu signal dari peralatan luar penyebab
|
Interrupt adalah Program (Division By Zero) dan
|
Timer ( Quantum pada Round Robin)
|
- Trap Software
Generated Interrupt yg disebabkan
|
0 comments:
Post a Comment
No Coment No Spam!!!