Sistem operasi part 2


Pertemuan 2
Skema Dasar Sistem Komputer Dan Perangkat Lunak

A. PERANGKAT  KERAS (HARDWARE)
Adalah komponen fisik komputer yang terdiri dari
rangkaian elektronika dan peralatan mekanis lainnya.
Pada abtraksi tingkat atas terdiri dari empat
komponen, yaitu :
1. Pemroses (Processor)
2. Memori Utama (Main Memory)
3. Perangkat masukan dan keluaran (device I/O)
4. Interkoneksi antar komponen
(user interface, device controler)


Sumber Daya Keras (Perangkat Keras ) terdiri atas :
A. Pemroses (Processor)
Komponen komputer yang bertugas untuk mengolah data dan
melaksanakan berbagai perintah.
Pemroses terdiri dari :
- Bagian ALU (Aritmatic Logic Unit) untuk komputasi,
berupa operasi-operasi aritmatika dan logika.
- Bagian CU (Control Unit) untuk pengendalian operasi  yang
dilaksanakan sistem komputer
Register-register, membantu pelaksanaan operasi dan
sebagai tempat operand-operand dari operasi yang
dilakukan.
Register tersebut :
- Register yang terlihat pemakai
Register Data (register untuk menampung nilai)
dan Register Alamat (tuk keperluan pengalam atan)
contoh : Indeks Register, Segment pointer register,
stack pointer register.


Register untuk Kendali dan status

• Register ini mengendalikan operasi pemroses
Terdiri dari :
1. Register untuk alamat dan buffer (MAR,MBR,I/O AR,
I/O BR).
2. Register untuk eksekusi instruksi (PC, IR)
3. Register untuk informasi status (PSW) berisi sign ,zero
Carry, Equal, Overflow, interupt enable/disable ,
supervisor
B. Memori
• Memori berfungsi tempat menyimpanan data dan
program.
Terdapat beberapa tipe memori :
• Register
• Memori case (Chace Memory)
• Memori kerja (Main Memory)
• Disk Magnetik (Magnetic Disk)
• Disk Optik (Optical Disk)
• Tape Magnetik (Magnetic Tape)


Menurut urutan dari atas ke bawah dapat diukur hirarki  dalam hal
:
1. Kecepatan Akses
2. Hubungan Kapasitas
3. Hubungan Frekwensi Pengaksesan
4. Hubungan Harga
Setiap kali pemroses melakukan eksekusi adanya lalulintas data
dengan memory utama, maka diimplem entasikan adanya konsep
Chace memory , menanggulangi kelam batan proses.
Juga pada memori Utama dengan Peralatan masukan/
keluaran saling berhubungan, maka diimplementasikan adanya
konsep penam pung sementara yang akan dikirim keperangkat
masukan/keluaran berupa Buffering.
C. Perangkat Masukan/Keluaran
Perangkat masukan/keluaran terdiri dua bagian, yaitu :
1. Komponen mekanik adalah perangkat itu sendiri
2. Komponen elektronik yaitu pengendali  perangkat berupa  chip
controller.
Pengendalian perangkat (Device Adapter)
Terdapat dua macam pengedali alat :
• Pengerak alat (Device Controller)
• Pekerja alat (Device Driver)
Struktur I/O
1. I/O Interrupt  I/O Device kec rendah
2. Struktur DMA  I/O Device kec Tinggi
DMA dibagi menjadi : Third Party DMA dan First Party DMA




D. Interkoneksi antar Komponen
Interkoneksi antar komponen disebut galur/jalur (bus)  yang
terdapat pada mainboard, bus terdiri dari tiga  macam :
1. Bus alamat (address bus), satu arah. 16,20,24 jalur
2. Bus data (data bus), dua arah. 8,16,32 jalur
3. Bus kendali (control bus), dua arah. 4-10 jalur
signal bus kendali antara lain: Memori read, memori write, I/O
read, I/O write
Mekanisme pembacaan :
Untuk mem baca data suatu alokasi memori, CPU
mengirim  alamat memori yang dikehendaki melalui bus
alamat kemudian mengirim sinyal memory read pada bus
kendali. Sinyal memory read memerintahkan ke
perangkat memori untuk mengeluarkan data pada lokasi
tersebut ke bus data agar dibaca CPU.
Interkoneksi antar kom ponen membentuk jenis
koneksitas
yang populer antara lain ISA, VESA, PCI, AGP.


1. Tingkatan Konsep Komputer
Terdiri dari :
a. Diagram blok  ( tertinggi )
b. Arsitektur
c. Transfer register
d. Rangkaian saklar
e. Elektronika  ( terendah )
a. Tingkat Konsep Elektronika
Bentuk komputer terdiri atas sejumlah rangkaian
komponen elektronika ditambah dengan komponen
mekanika, magnetika dan optika.
b. Tingkat Konsep Rangkaian Saklar
Sudah dapat terlihat rangkaian elektronika yang
sesungguhnya, yang membentuk banyak saklar yang tersusun
secara paralel dan membentuk sekelompok saklar. (terhubung
dan terputus).
c. Tingkat Konsep Transfer Register
Berbagai kelompok sakelar di dalam komputer membentuk
sejumlah register (Logika, aritmatika, akum ulator, indeks,
adress register dll)
d. Tingkat Konsep Arsitektur
Sejumlah register tersusun dalam  suatu arsitektur tertentu.
Prosesor, m emory dan satuan komponen lain nya terhubung
.
melalui galur (bus) penghubung


e. Tingkat Konsep Diagram Blok
Arsitektur komputer atau sistem komputer dapat dipetak-
petakan ke dalam sejumlah blok (masukan , blok satuan,
prosesor pusat, m emori dll)
2. Kerja komputer
Kerja kom puter pada tingkat konsep, antara lain :
• Tingkat konsep diagram blok,  berlangsung sebagai lalu
lintas informasi di dalam dan diantara blok pada sistem
komputer
• Tingkat transfer register, kerja komputer berlangsung melalui
pemindahan rincian informasi di antara register.
• Tingkat konsep saklar,  kerja komputer berlangsung dalam
bentuk terputus dan terhubungnya berbagai saklar eletronika
di dalam sistem komputer.
Kerja komputer pada fungsi komputer, terdiri atas :
kegiatan masukan , catatan , pengolahan dan
keluaran
Kerja komputer pada rekaman
• Sekelompok satuan data direkam ke dalam alat
perekaman dalam bentuk berkas data.
• Tataolah direkam ke dalam alat perekam dan
membentuk berkas tataolah

B. PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
• Merupakan komponen non fisik berupa kumpulan
program beserta struktur datanya.
• Program adalah Sekumpulan instruksi yang disusun
sedemikian rupa untuk dapat menyelesaikan
masalah-masalah tertentu sesuai dengan
kebutuhan.
Program Aplikasi dan berkas data
Sistem Utilitas Sistem Bahasa
OPERATING SYSTEM
Pengaturan
Pengaturan
Pengaturan
Pengaturan sistem
Memory
Prosesor
Peralatan IO
file
Perangkat Keras
Gambar 2.3: Susunan Hirarki Perangkat Lunak


siklus Instruksi
Untuk memproses instruksi dilakukan melalui 2 tahap :
a. m engambil instruksi (instruction fetch)
b. m engeksekusi instruksi (instruction execution)
- Interrupt suatu signal dari peralatan luar penyebab
Interrupt adalah Program (Division By Zero) dan
Timer ( Quantum pada Round Robin)
- Trap  Software Generated Interrupt yg disebabkan

Share
»»  Baca lagi... Best Regard,

Latihan vb Toko Digital LG

 design layout

  Hasil run
 
 
 
 
 
 
Private Sub cmdkeluar_Click()
If MsgBox("Apakah Anda yakin mau keluar ?", vbQuestion + vbYesNo, "information") = vbYes Then
End
End If
End Sub

Private Sub cmdbersih_Click()
cmbkode.Text = ""
txtnama.Text = ""
txtharga.Text = ""
txtjumbel.Text = ""
txtpajak.Text = ""
txttotal.Text = ""
txtbonus.Text = ""
cmbkode.SetFocus
End Sub

Private Sub txtjumbel_KeyPress(KeyAscii As Integer)
If KeyAscii = 13 Then
 txtpajak.Text = 0.01 * txtharga.Text * Val(txtjumbel.Text)
 txttotal.Text = txtharga.Text * Val(txtjumbel.Text) + txtpajak.Text
If Val(txttotal.Text) >= 1550000 Then
 txtbonus.Text = "JAM TANGAN"
Else
txtbonus.Text = "tidak dapat"
End If
End If
End Sub

Private Sub cmbkode_Click()
If cmbkode.ListIndex = 0 Then
 txtnama.Text = " MESIN CUCI"
 txtharga.Text = 2000000
ElseIf cmbkode.ListIndex = 1 Then
 txtnama.Text = "KULKAS"
 txtharga.Text = 1750000
ElseIf cmbkode.ListIndex = 2 Then
 txtnama.Text = "TELEVISI"
 txtharga.Text = 1500000
End If
 txtjumbel.SetFocus

End Sub

Private Sub Form_Load()
cmbkode.AddItem ("A001")
cmbkode.AddItem ("A002")
cmbkode.AddItem ("A003")
End Sub


Private Sub txtnama_Change()

End Sub
Share
»»  Baca lagi... Best Regard,

Latihan Pemrograman Visial Basic

Quis Vibi Lab E\MLE
  • Desai Form sbb:
  1. Logika dan ketentuan soal
-          Input nama penumpang
-          Input kelas
KELAS
KETERANGAN
1
EXECUTIVE
2
BISNIS
3
EKONOMI
-          Pilih tujuan maka harga akan tampil
Tujuan
Kelas
Harga
JAKARTA-
SURABAYA
1
310000
2
250000
3
170000
JAKARTA-
SOLO

1
260000
2
210000
3
150000
JAKARTA-
YOGYAKARTA
1
230000
2
170000
3
120000
-          Input Jumlah tiket maka Total akan tampil
TOTAL = harga tiket * jumlah tiket


  
 
Private Sub CMDBERSIH_Click()
TXTNAMA.Text = ""
TXTKELAS.Text = ""
LBLKELAS.Caption = ""
TXTHARGA.Text = ""
TXTJUMLAH.Text = ""
TXTTOTAL.Text = ""
OPTYOGYA.Value = False
OPTSOLO.Value = False
OPTSBY.Value = False
TXTNAMA.SetFocus
End Sub

Private Sub TXTKELAS_Change()
If TXTKELAS.Text = "1" Then
    LBLKELAS.Caption = "EXCLUSIVE"
ElseIf TXTKELAS.Text = "2" Then
    LBLKELAS.Caption = "BISNIS"
ElseIf TXTKELAS.Text = "3" Then
    LBLKELAS.Caption = "EKONOMI"
Else
    LBLKELAS.Caption = "SALAH INPUT"
End If
End Sub


Private Sub OPTSBY_Click()
If TXTKELAS.Text = "1" Then
    TXTHARGA.Text = 310000
ElseIf TXTKELAS.Text = "2" Then
    TXTHARGA.Text = 250000
Else
    TXTHARGA.Text = 170000
End If
End Sub

Private Sub OPTSOLO_Click()
If TXTKELAS.Text = "1" Then
    TXTHARGA.Text = 260000
ElseIf TXTKELAS.Text = "2" Then
    TXTHARGA.Text = 210000
Else
    TXTHARGA.Text = 150000
End If
End Sub

Private Sub OPTYOGYA_Click()
If TXTKELAS.Text = "1" Then
    TXTHARGA.Text = 230000
ElseIf TXTKELAS.Text = "2" Then
    TXTHARGA.Text = 170000
Else
    TXTHARGA.Text = 120000
End If
End Sub





Private Sub TXTJUMLAH_Change()

TXTTOTAL.Text = Val(TXTHARGA.Text) * Val(TXTJUMLAH.Text)
End Sub

Private Sub CMDKELUAR_Click()
S = MsgBox("MAU KELUAR YAA...?", vbQuestion + vbYesNo, "INFORMASI")
If S = vbYes Then
    End
End If
End Sub
Share
»»  Baca lagi... Best Regard,

Tutorial pemrog c++

Baxuryu








Berikut ini adalah link dan penjelasannya:

Bab I – II :
C/C++ introduction, OOP (object oriented programming), C++ compiler, Hello Worlds…, main(), statements, header file, clearing the screen, writing comments. [download]
Bab III :
C++ basic elements: identifier, data types, variable declaration, const, assignment. [download]
Bab IV-V :
Operator, statement, input, output [download]

Bab VI :
Control statements: IF, S W I T C H, FOR, WHILE, DO WHILE [download]

Bab VII-VIII :
Functions, String [download]

Bab IX-X :
Array, Struktur [download]

Bab XI :
Materi: Operasi File [download]

Bab XII :
Class [download]
Share
»»  Baca lagi... Best Regard,

Lat.Soal,UAS Bhs Inggris Smtr 2

1. A NIC....and a hub are needed to create a basic network. a. repeaters b. socket c. modulator d. jack 2. Another term for NIC is,,,,,? a. Repaiters b. network adapter c. Adapter d. Modem 3. Steganography is the art and science of writing ,,,,messages?! a.readdable b.infisible c. steganelics d. cryptography 4. Another secret coding technique beside steganography is,,, a. Cryptonite b. Criptics c. Steganalics d.Cryptography 5. This document cant be used as a media in steganography,,,, a. Picture file b. Text file c.Vidio & mp3 file d. A,B,C Benar
6. STEANOGRAPHY come from ,,,lenguage. a.Greece b. Latin c. Greek d. France 7. A secret text resulting from descryption procces is called.. a. Plain text b. chipher text c.Code text d.cyber text 8. Enigma is a machine for encrypting &decrypting the messages used by,,,? a. US millitary b. NAZI c.CIA d. KGB 9. Crypthography is needed to,,,,a secret document. a. Secure b. Save c. Run d.Keep 10. This component aplication allowes people conected over the internet
Share
»»  Baca lagi... Best Regard,
Image Hosted by ImageShack.us